[3.9G] LTE Indonesia Belum 4G?

Posted: December 14, 2014 in Telekomunikasi
Tags: ,

Di indonesia produk LTE (Long Term Evolution) memulai pergelaran pasar dengan mengaku sebagai jaringan 4G (baca: jaringan generasi ke-4). Namun, apa iya LTE tersebut sudah 4G?

In March 2008, the International Telecommunications Union-Radio communications sector (ITU-R) specified a set of requirements for 4G standards, named the International Mobile Telecommunications Advanced (IMT-Advanced) specification, setting peak speed requirements for 4G service at 100 megabits per second (Mbit/s) for high mobility communication (such as from trains and cars) and 1 gigabit per second (Gbit/s) for low mobility communication (such as pedestrians and stationary users).

Disebutkan bahwa kecepatan standar jaringan 4G adalah 100mbps untuk pengguna dalam keadaan bergerak/berkendaraan dan 1Gbps untuk pengguna dalam keadaan tidak bergerak (duduk/di dalam ruangan).

Di Indonesia, kecepatan LTE yang ditawarkan masih 72 Mbps. Jadi ini masih jauh dari standar 4G!!! Tetapi operator sering mencapnya sebagai teknologi 4G. Padahal ini seharusnya dicap sebagai teknologi 3.9G. Inisial 3.9G tidak bisa dibulatkan menjadi 4G (ngek-ngek). Karena ini adalah sebuah nama/level teknologi (true or false). Jika kecepatan download sudah >= 1Gbps maka 4G, else silahkan menggunakan nama lain (3.9G).

Selain LTE (untuk perangkat bergerak/mobile/HP), pada level 3.9G ada juga mobile wimax (untuk PC). Jadi jika LTE itu sebagai pengganti UMTS/HDSPA, maka ada mobile wimax sebagai pengganti wifi.

Jadi yang namanya 4G seperti apa?

Ada juga yang namanya LTE Advanced dan mobile wimax released 2 (WirelessMAN-Advanced atau IEEE 802.16m). Dan keduanya sudah memenuhi standar 1Gbps. Seperti terlihat, teknologi ini merupakan pengembangan dari LTE standar dan mobile wimax. Di luar negeri sudah ada yang mulai menerapkan teknologi 4G yang asli, tetapi ini belum diterapkan di Indonesia (baca: indonesia masih menggunakan LTE standar).

Pertanyaannya adalah mengapa menggelar teknologi LTE standar jika teknologi LTE Advanced sudah ada padahal kedua-duanya mahal?

 

Akhir Kata

Good Luck

Good Read

 

Sumber:

en.wikipedia.org/wiki/4G

http://en.wikipedia.org/wiki/LTE_Advanced

 

Text Me Back